Komponen Utama Generator (Part 2)


Komponen Utama Generator (Part 2)
Jika sebelumnya telah dijelaskan mengenai 3 dari 9 komponen utama dari generator, maka pada artikel ini akan melanjutkan penjelasan tersebut.

Regulator tegangan

Seperti namanya, komponen ini mengatur tegangan output generator. Di bawah ini, akan dijelaskan mekanisme terhadap setiap komponen yang memainkan bagian dalam proses siklus regulasi tegangan.

  1. Regulator Tegangan: Konversi Tegangan AC ke Arus DC - Pengatur tegangan mengambil sebagian kecil dari output generator tegangan AC dan mengubahnya menjadi arus DC. Regulator tegangan kemudian memberi umpan arus DC ini ke sekumpulan lilitan sekunder di stator, yang dikenal sebagai gulungan pengali.
  2. Exciter Windings: Konversi Arus DC menjadi Arus AC - Gulungan exciter sekarang berfungsi mirip dengan gulungan stator primer dan menghasilkan arus AC kecil. Gulungan exciter terhubung ke unit yang dikenal sebagai rectifier berputar.
  3. Rotating Rectifiers: Konversi Arus AC menjadi Arus DC - Ini memperbaiki arus AC yang dihasilkan oleh gulungan pengali dan mengubahnya menjadi arus DC. Arus DC ini diumpankan ke rotor/armature untuk menciptakan medan elektromagnetik di samping medan magnet yang berputar dari rotor/armature.
  4. Rotor/Armature: Konversi Arus DC ke Tegangan AC - Rotor/armature sekarang menginduksi tegangan AC yang lebih besar melintasi gulungan stator, yang sekarang generator hasilkan sebagai tegangan AC output yang lebih besar.
Siklus ini berlanjut sampai generator mulai menghasilkan tegangan output setara dengan kapasitas operasi penuhnya. Ketika output generator meningkat, pengatur tegangan menghasilkan arus DC yang lebih sedikit. Setelah generator mencapai kapasitas operasi penuh, pengatur tegangan mencapai keadaan kesetimbangan dan menghasilkan arus DC yang cukup untuk mempertahankan output generator pada tingkat operasi penuh.
Penting untuk memeriksa level pendingin generator setiap hari. Sistem pendingin dan pompa air baku harus dibilas setelah setiap 600 jam dan alat penukar panas harus dibersihkan setelah setiap 2.400 jam operasi generator. Generator harus ditempatkan di tempat terbuka dan berventilasi yang memiliki pasokan udara segar yang memadai. The National Electric Code (NEC) bahkan mengamanatkan bahwa ruang minimum 3 kaki harus dikosongkan di semua sisi generator untuk memastikan aliran bebas dari udara pendingin.

Sistem Pendingin & Pembuangan

  1. Sistem pendingin
Penggunaan generator secara terus-menerus menyebabkan berbagai komponennya menjadi panas. Sangat penting untuk memiliki sistem pendingin dan ventilasi untuk menarik panas yang dihasilkan dalam proses.
  • Air tawar/segar terkadang digunakan sebagai pendingin untuk generator, tetapi ini sebagian besar terbatas pada situasi tertentu seperti generator kecil dalam aplikasi kota atau unit yang sangat besar di atas 2250 kW dan di atas.
  • Hidrogen kadang-kadang digunakan sebagai pendingin untuk gulungan stator unit generator besar karena lebih efisien dalam menyerap panas daripada pendingin lainnya. Hidrogen memindahkan panas dari generator dan mentransfernya melalui penukar panas ke sirkuit pendingin sekunder yang mengandung air determineralisasi sebagai pendingin. Inilah sebabnya mengapa generator yang sangat besar dan pembangkit listrik kecil sering memiliki menara pendingin besar di sebelahnya.
  • Untuk semua aplikasi umum lainnya, baik perumahan maupun industri, radiator dan kipas standar dipasang pada generator dan berfungsi sebagai sistem pendingin utama.
  1. Sistem pembuangan
Asap buangan yang dipancarkan oleh generator sama seperti buangan dari mesin diesel atau gasoline lainnya dan mengandung bahan kimia yang sangat beracun yang perlu dikelola dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk memasang sistem pembuangan yang memadai untuk membuang gas buang. Hal ini tidak dapat dianggap remeh karena keracunan karbon monoksida tetap menjadi salah satu penyebab paling umum kematian karena orang cenderung tidak memikirkannya sampai terlambat.

Sistem Pelumasan

Karena generator terdiri dari bagian-bagian yang bergerak di mesinnya, maka membutuhkan pelumas untuk memastikan daya tahan dan kelancaran operasi untuk jangka waktu yang lama. Mesin generator dilumasi oleh minyak yang disimpan dalam pompa. Anda harus memeriksa level oli pelumas setiap 8 jam operasi genset. Anda juga harus memeriksa setiap kebocoran pelumas dan mengubah oli pelumas setiap 500 jam operasi genset.
 
Itulah 6 dari 9 komponen utama dari generator. Untuk Anda yang ingin memperoleh genset murah, namun berkualitas, Anda dapat memperolehnya melalui Hartech. Hartech adalah sebuah perusahaan manufaktur genset yang menjual genset, dan produk spare part/suku cadang genset yang original dan lengkap dengan harga yang bersaing. Tidak hanya menjual genset, Hartech juga melayani jasa penyewaan dan perawatan genset (layanan purnajual) dengan jangkauan sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lanjut, Anda bisa mengakses official website Hartech di hartech.co.id.



  02122580000