Komponen Utama Generator (Part 1)


Komponen Utama Generator (Part 1)

Artikel ini akan membahas mengenai komponen utama dari generator yang secara luas dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

- Engine
- Alternator
- Sistem Bahan Bakar
- Regulator Tegangan
- Sistem Pendinginan dan Pembuangan
- Sistem Pelumasan
- Pengisi Daya Baterai
- Kontrol Panel
- Main Assembly/Frame

Penjelasan tentang komponen utama generator diberikan di bawah ini.

 
Engine
Engine (mesin) adalah sumber input energi mekanik ke generator. Ukuran mesin berbanding lurus dengan output daya maksimum yang dapat disuplai oleh generator. Ada beberapa faktor yang perlu Anda ingat saat menilai mesin generator Anda, agar Anda mendapatkan spesifikasi operasi mesin penuh dan jadwal perawatan.

Jenis Bahan Bakar yang Digunakan - Mesin generator dapat beroperasi pada berbagai bahan bakar seperti solar, bensin, propana (dalam bentuk cair atau gas), atau gas alam. Mesin yang lebih kecil biasanya beroperasi pada bensin sementara mesin yang lebih besar berjalan pada diesel, propana cair, gas propana, atau gas alam. Mesin tertentu juga dapat beroperasi pada bahan bakar ganda: diesel dan gas dalam mode operasi bi-fuel.

Overhead Valve (OHV) Engine versus non-OHV Engine - Mesin OHV berbeda dari engine lain karena katup intake dan exhaust engine terletak di kepala silinder mesin dibandingkan dengan yang dipasang pada blok mesin. Engine OHV memiliki beberapa keunggulan dibandingkan engine lain seperti:

- Desain yang ringkas
- Mekanisme operasi yang lebih sederhana
- Daya tahan
- Mudah digunakan dalam operasi
- Kebisingan rendah selama operasi
- Tingkat emisi rendah.

Meskipun demikian, OHV-engine memiliki harga yang lebih mahal daripada mesin lainnya.

Cast Iron Sleeve (CIS) di Engine Cylinder CIS adalah lapisan dalam silinder mesin. Lapisan ini dapat mengurangi keausan dan memastikan daya tahan mesin. Kebanyakan mesin OHV dilengkapi dengan CIS, tetapi penting untuk memeriksa fitur ini di mesin generator. CIS bukanlah fitur yang mahal, tetapi memainkan peran penting dalam daya tahan mesin terutama jika Anda perlu menggunakan generator Anda sering atau untuk jangka waktu lama.


Alternator
 
Alternator, yang juga dikenal sebagai ‘genhead’, adalah bagian dari generator yang menghasilkan output listrik dari input mekanis yang disediakan oleh mesin. Komponen dalam alternator akan bekerja sama untuk menyebabkan gerakan relatif antara medan magnet dan listrik, yang pada gilirannya menghasilkan listrik.

Stator - Ini adalah komponen stasioner. Ini berisi satu set konduktor listrik yang melilit di atas inti besi.

Rotor/Armature - Ini adalah komponen yang bergerak yang menghasilkan medan magnet berputar dalam salah satu dari tiga cara berikut.
 
- Dengan induksi - Ini dikenal sebagai alternator brushless dan biasanya digunakan dalam generator besar.
- Dengan magnet permanen - Ini umum dalam unit alternator kecil.
- Dengan menggunakan exciter - Exciter adalah sumber arus searah (DC) kecil yang memberi energi rotor melalui perakitan slip ring dan sikat.

Rotor menghasilkan medan magnet yang bergerak di sekitar stator, yang menginduksi perbedaan tegangan antara gulungan stator. Hal ini menghasilkan output arus bolak-balik (AC) dari generator.
 
Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu Anda ingat saat menilai alternator dari sebuah generator.

Metal versus Plastic Housing - Desain all-metal memastikan daya tahan alternator. Sedangkan, plastic housing dapat berubah bentuk seiring waktu dan menyebabkan bagian yang bergerak dari alternator akan terkena dan meningkatkan keausan serta yang lebih penting, berbahaya bagi pengguna.

Ball Bearing versus Needle Bearings - Ball bearing lebih disukai dan lebih tahan lama.

Desain Brushless - Alternator yang tidak menggunakan brush membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dan juga menghasilkan tenaga yang lebih bersih.

 
Sistem bahan bakar

Tangki bahan bakar biasanya memiliki kapasitas yang cukup untuk menjaga generator beroperasi rata-rata selama 6 hingga 8 jam. Dalam kasus unit generator kecil, tangki bahan bakar adalah bagian dari dasar skid generator atau dipasang di atas rangka generator. Untuk aplikasi komersial, mungkin perlu untuk memasang tangki bahan bakar eksternal. Semua instalasi tersebut tunduk pada persetujuan dari Divisi Perencanaan Kota. Fitur umum dari sistem bahan bakar termasuk berikut ini.

Sambungan pipa dari tangki bahan bakar ke mesin - Saluran suplai mengarahkan bahan bakar dari tangki ke mesin dan garis kembali mengarahkan bahan bakar dari mesin ke tangki.

Pipa ventilasi untuk tangki bahan bakar - Tangki bahan bakar memiliki pipa ventilasi untuk mencegah penumpukan tekanan atau vakum selama pengisian ulang dan drainase tangki. Saat Anda mengisi ulang tangki bahan bakar, pastikan adanya kontak antara logam dengan logam di antara nosel pengisi dan tangki bahan bakar untuk menghindari percikan api.

Koneksi berlebih dari tangki bahan bakar ke pipa pembuangan - Hal ini diperlukan agar setiap luapan selama pengisian ulang tangki tidak menyebabkan tumpahan cairan pada genset.

Pompa bahan bakar – Pompa ini mentransfer bahan bakar dari tangki penyimpanan utama ke tangki saat genset digunakan. Pompa bahan bakar ini biasanya dioperasikan secara elektrik.

Fuel Water Separator/Fuel Filter – Alat ini memisahkan air dan benda asing dari bahan bakar cair untuk melindungi komponen lain dari generator dari korosi dan kontaminasi.

Fuel Injector – Alat ini menyemprotkan bahan bakar cair dan menyemprotkan sejumlah bahan bakar yang dibutuhkan ke dalam ruang bakar mesin.
 
Itulah 3 dari 9 penjelasan tentang komponen utama generator. Untuk Anda yang ingin memperoleh genset murah, namun berkualitas, Anda dapat memperolehnya melalui Hartech. Hartech adalah sebuah perusahaan manufaktur genset yang menjual genset, dan produk spare part/suku cadang genset yang original dan lengkap dengan harga yang bersaing. Tidak hanya menjual genset, Hartech juga melayani jasa penyewaan dan perawatan genset (layanan purnajual) dengan jangkauan sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lanjut, Anda bisa mengakses official website Hartech di hartech.co.id.
 
 
 



  02122580000